Cara Mudah dan Alami Menghilangkan Keputihan pada Wanita

Keputihan menjadi masalah klasik tersendiri yang diderita oleh wanita. Keputihan dapat mengurangi rasa kepercayaan diri pada seorang wanita. Keputihan sendiri dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu keputihan yang bersifat fisiologis dan bersifat pathologis. Pada keputihan yang bersifat fisiologis, tidak membahayakan bagi kesehatan vagina wanita karena keputihan ini timbul karena perubahan psikis seseorang seperti stress yang berlebih atau tanda seorang wanita menjelang menstruasi. Sedangkan keputihan yang bersifat pathologis dapat disebabkan adanya infeksi bakteri atau jamur pada vagina. Keputihan bersifat pathologis ini bersifat membahayakan bagi kesehatan vagina karena keputihan ini menyebabkan vagina pada wanita mengeluarkan cairan kental berwarna putih kekuning-kuningan sampai kehijauan dan mengeluarkan bau yang busuk. Selain itu, keputihan ini juga ditandai dengan rasa panas dan gatal yang berlebih pada vagina.

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan keputihan secara sehat dan alami.

1. Hindari penggunaan cairan pembersih vagina
Cairan pembersih vagiana dapat mengganggu tingkat keasaman normal pada vagina yang akan berakibat meningkatkan risiko infeksi dan peradangan pada vagina.

2. Hindari penggunaan celana yang ketat
Penggunaan celana yang ketat akan mengakibatkan sirkulasi udara pada vagina terganggu sehingga mengakibatkan infeksi jamur pada vagina.

3. Membilas miss V dari arah depan ke belakang
Ini dilakukan untuk menghindari adanya kuman yang masuk dari anus yang dapat menginfeksi vagina. Selain itu, biasakanlah mengeringkan bagian luar vagina dengan menggunakan handuk kering yang bersih atau dengan menggunakan tissue setelah mandi atau buang air.

4. Membersihkan vagina dengan daun sirih
Pertama, petiklah daun sirih sebanyak 10 lembar kemudian dicuci sampai bersih. Pada saat memetik daun sirih, usahakan beserta tangkainya. Karena tangkai pada daun sirih mengandung getah yang membantu menghilangkan gejala keputihan. Apabila daun sirih sudah dicuci, daun sirih direbus pada air mendidih sebanyak 2,5 liter. Tunggu sampai air menguap dan volumenya hanya tersisa 0.5 liter. Air rebusan daun sirih didinginkan, setelah itu air rebusan dibasuhkan pada organ genital wanita hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur sampai keputihan Anda berkurang bahkan sampai menghilang.

Itulah tips-tips yang dapat Anda lakukan dengan mudah untuk menghilangkan keputihan secara sehat dan alami.